Perkembangan zaman dari masa ke masa semakin membawa pengaruh cukup signifikan bagi perkembangan pendidikan. Baik perkembangan pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Perkembangan tersebut membawa pengaruh yang cenderung baik namun ada juga beberapa yang cenderung kearah buruk. Sekarang ini teknologi hampir mengusai seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Banyak dari sekolah menggunakan teknologi untuk memperlancar kegiatan sekolah, baik itu dalam proses belajar mengajar maupun dalam proses kegiatan administrasi sekolah.
Tidak bisa dipungkiri penggunakan teknologi di sekolah bukan tanpa alasan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan penggunaan teknologi di sekolah. Selain untuk memudahkan pihak sekolah dalam melaksanakan tugasnya, penggunakaan teknologi ini juga merupakan fasilitasi yang diberikan oleh pemerintah dengan harapan agar siswa dapat lebih mengenal dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Salah satu contoh dari pengaplikasian teknologi di sekolah yaitu penggunaan komputer dalam pengerjaan ujian nasional. Selain itu, di era globalisasi sekarang ini menuntut para siswa agar dapat menguasai teknologi. Hal tersebut dipersiapkan agar nantinya siswa siap dalam mengaplikasikan berbagai macam teknologi didunia kerja.
Bahkan penggunakan teknologi sering kali ditakutkan para siswa yang memiliki tingkat ekonomi yang rendah. Tidak semuanya siswa memiliki ekonomi yang cukup untuk membeli gadget. Contoh ketika pembelajaran guru menggunakan gedget untuk mencari informasi tentang materi pembelajaran yang tidak bisa ditemukan di buku pembelajaran, tidak semua siswa dapat dengan mudah mengaksesnya. Ketika sebagian siswa yang memiliki ekonomi yang cukup, mereka justru sibuk memainkan gadget mereka dengan lincah bukan untuk mencari materi pembelajaran. Siswa yang tidak memiliki gadget akan bingung bagaimana cara mendapatkan materi. Hal yang lebih buruk lagi adalah ketika mereka yang tidak mempunyai gadget adalah mereka yang mayoritas adalah siswa dengan tingkat ekonomi rendah. Sebagaian besar dari mereka akan dijauhi dan dikucilkan dari lingkungannya. Hal ini akan menimbulkan akibat buruk bagi siswa tersebut, baik kurang dalam pengetahuan mengenai pembelajaran maupun tekanan batin siswa itu sendiri.
Oleh Karena itu, penggunakan teknologi harus diawasi dengan baik oleh pihak sekolah yang melakukan kegiatan dilapangan dan menjadi pertimbangan pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Walaupun gadget dibutuhkan dalam pembelajaran, akan tetapi harus tetap di seimbangkan dengan buku pembelajaran. Agar buku tetap menjadi rujukan utama dengan gadget sebagai pelengkap.
Tidak ada komentar